·
komunikasi massa yaitu sebagai
suatu proses yang secara simultan diperuntukkan untuk penduduk yang besar dan
dalam skala yang sangat besar melalui media massa.
·
Komunikasi dengan masyarakat
secara luas (komunikasi Massa) Pada tingkatan ini kegiatan komunikasi ditujukan
kepada masyarakat luas. Bentuk kegiatan komunikasinya dapat dilakukan melalui
dua cara :Komunikasi massa Yaitu komunikasi melalui media massa seperti radio,
surat kabar, TV, dsbnya.Langsung atau tanpa melalui media massa Misalnya
ceramah, atau pidato di lapangan terbuka.
·
Komunikasi massa, yaitu komunikasi
dengan sasarannya kelompok orang dalam jumlah yang besar, umumnya tidak
dikenal. Komunikasi masa yang baik harus : Pesan disusun dengan jelas, tidak
rumit dan tidak bertele-tele Bahasa yang mudah dimengerti/dipahami Bentuk
gambar yang baik Membentuk kelompok khusus, misalnya kelompok pendengar (radio)
·
Komunikasi Massa – salah satu jenis
komunikasi, selain Komunikasi Intrapersonal, Komunikasi Interpersonal,
Komunikasi Kelompok, dan Komunikasi Organisasi.
·
Komunikasi dapat dipahami sebagai
proses penyampaian pesan, ide, atau informasi kepada orang lain dengan menggunaka
sarana tertentu guna mempengaruhi
atau mengubah perilaku penerima pesan.
·
Komunikasi Massa adalah (ringkasan
dari) komunikasi melalui media massa (communicating with media), atau
komunikasi kepada banyak orang (massa) dengan menggunakan sarana media. Media
massa sendiri ringkasan dari media atau sarana komunikasi massa.
·
Massa sendiri artinya “orang
banyak” atau “sekumpulan orang” –kelompok, kerumunan, publik.
·
komunikasi massa lain yaitu dengan
adanya unsur keserempakan penerimaan
pesan oleh komunikan, pesan dapat mencapai pada saat yang sama kepada semua orang yang mewakili berbagai lapisan masyarakat. Karena dalam proses komunikasi
massa ada sifat keserempakan dalam penerimaan pesan.
·
Komunikasi
massa adalah proses dimana organisasi media membuat dan
menyebarkan pesan kepada khalayak banyak (publik).
·
Komunikasi Massa adalah (ringkasan
dari) komunikasi melalui media massa (communicating with media), atau
komunikasi kepada banyak orang (massa) dengan menggunakan sarana media. Media
massa sendiri ringkasan dari media atau sarana komunikasi massa.
Komunikasi massa menurut para ahli
Joseph R. Dominick:
Komunikasi massa
adalah suatu proses dimana suatu organisasi yang kompleks dengan bantuan satu
atau lebih mesin memproduksi dan mengirimkan pesan kepada khalayak yang besar,
heterogen, dan tersebar.
Jalaluddin Rakhmat:
Komunikasi massa
adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar,
heterogen dan anonim melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang
sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.
Elizabeth – Noelle Neuman:
yang membedakannya
dengan komunikasi interpersonal, yaitu pertama, bersifat tidak langsung,
artinya harus melalui media teknis. Kedua, bersifat satu arah (one flow
communication), artinya tidak ada interaksi antarpeserta komunikasi. Ketiga,
bersifat terbuka, artinya ditujukan kepada publik yang tidak terbatas dan
anonim. Keempat, memiliki unsur publik yang secara geografis tersebar (Rakhmat,
1999 : 189).
Georg Gerbner:
Komunikasi massa
yaitu sebagai produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga
dari arus pesan yang berkelanjutan serta paling luas dipunyai orang dalam
masyarakat industri (Rakhmat, 1999 : 188).
Bittner:
Mass communication
is messages communicated throught a massa medium to a large number of people.
William R. Rivers dkk:
membedakan antara
communication dan communications. Communication adalah proses berkomunikasi.
Communications adalah perangkat teknis yang digunakan dalam proses komunikasi,
e.g. genderang, asap, butir batu, telegram, telepon, materi cetak, siaran, dan
film.
Edward Sapir:
Communication =
proses primer, terdiri dari bahasa, gestur/nonverbal, peniruan perilaku, dan
pola perilaku sosial. Communications = teknik-teknik sekunder, instrumen dan
sistem yang mendukung proses komunikasi, e.g. kode morse, telegram, terompet,
kertas, pulpen, alat cetak, film, pemancar siara radio/TV.
Meletzke:
komunikasimassa
diartikan sebagai setiap bentuk komunikasi yang
menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui mediapenyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah
pada publik yang tersebar. Istilah tersebar
menunjukkan bahwa komunikan sebagai pihak penerima pesan tidak berada di suatu tempat, tetapi tersebar
di berbagai tempat.
Freidson:
Definisi
komunikasi massa menurut Freidson dibedakan dari jenis komunikasi lainnya
dengan suatu kenyataan bahwa komunikasi massa dialamatkan kepada sejumlah
populasi dari berbagai kelompok, dan bukan hanya satu
atau beberapa individu atau sebagian khusus populasi. Komunikasi massa juga
mempunyai anggapan tersirat akan adanya alat-alat khusus untuk menyampaikan
komuniaksi agar komunikasi itu dapat mencapaipada saat yang sama semua orang
yang mewakili berbagai lapisanmasyarakat. (Rakhmat seperti yang dikutip dalam
Komala, dalamKarlinah. 1999).
Wright
Wright mengemukakan definisinya sebagai berikut:
“This
newform can be distinguished from older types by the following major characteristic:
it is directed toward relatively large, heterogeneus, and anonymous audiences;
messages aretransmitted publicly,often-times to reach most audience member simultaneously, and are
transeint in character; the communicator tends to be, or tooperate whitin, a
complex organization thet may involve great expense”
Menurut
Wright, bentuk baru komunikasi dapat dibedakandari corak-corak yang lama karena
memiliki karakteristik utamasebagai berikut: diarahkan pada khalayak yang
relatif besar,heterogen dan anonim; pesan disampaikan secara terbuka,seringkali dapat mencapai kebanyakan khalayak secara serentak, bersifat sekilas (khusus untuk media elektronik,
seperti siaran radiosiaran dan televisi).
Joseph
mass communication is communication addressed to masses, to anextremely large science. This does not mean that the audience includes all people or everyone who reads or everyone who watches television; rather it means an audience that is large and generallyrather poorly defined. Second,mass communication is communation mediated by audio and/or visual transmitter. Mass communication is perhaps most easily and most logically defined by its forms: television, radio, newspaper, magazines, films, books, and tapes.”
mass communication is communication addressed to masses, to anextremely large science. This does not mean that the audience includes all people or everyone who reads or everyone who watches television; rather it means an audience that is large and generallyrather poorly defined. Second,mass communication is communation mediated by audio and/or visual transmitter. Mass communication is perhaps most easily and most logically defined by its forms: television, radio, newspaper, magazines, films, books, and tapes.”
Devito, Jay Black dan
Frederick C. Whitney
“Mass communication is a process whereby mass produced
message are transmitted to large, anonymous, and heterogeneous masses of receivers
(Komunikasi massa adalah sebuah proses dimana pesan-pesan yang diproduksi secara
massal/tidak sedikit itu disebarkan kepada massa penerima pesan yang luas,
anonim, dan heterogen).”
Maksud dari definisi tersebut adalah khalayak penerima
pesan bukan hanya
kumpulan orang yang berdekatan secara fisik saja, sedangkan anonim yang dimaksud adalah bahwa penerima pesan cenderung tidak saling mengenal dan saling asing, dan heterogen berarti pesan ditujukan untuk khalayak dari berbagai lapisan masyarakat, tidak homogen.
kumpulan orang yang berdekatan secara fisik saja, sedangkan anonim yang dimaksud adalah bahwa penerima pesan cenderung tidak saling mengenal dan saling asing, dan heterogen berarti pesan ditujukan untuk khalayak dari berbagai lapisan masyarakat, tidak homogen.
Nurudin
menyatakan bahwa komunikasi massa adalah studi ilmiah tentang media massa beserta pesan yang dihasilkan, pembaca/pendengar/penonton yang akan coba diraihnya, dan efeknya terhadap mereka. Dari definisi tersebut tampak bahwa kajian komunikasi massa saat ini sudah termasuk dalam disiplin ilmiah. Bahasan komunikasi yang semakin kompleks dan kesadaran akan pentingnya komunikabilitas yang baik dalam kehidupan khususnya media membuat komunikasi massa menjadi penting untuk diproses kajian keilmuannya.
menyatakan bahwa komunikasi massa adalah studi ilmiah tentang media massa beserta pesan yang dihasilkan, pembaca/pendengar/penonton yang akan coba diraihnya, dan efeknya terhadap mereka. Dari definisi tersebut tampak bahwa kajian komunikasi massa saat ini sudah termasuk dalam disiplin ilmiah. Bahasan komunikasi yang semakin kompleks dan kesadaran akan pentingnya komunikabilitas yang baik dalam kehidupan khususnya media membuat komunikasi massa menjadi penting untuk diproses kajian keilmuannya.
Dennis McQuail
mendefinisikan bahwa komunikasi massa bersumber bukan
dari satu orang melainkan suatu organisasi formal dan merupakan komunikator
professional. Pesannya tidak unik, beraneka ragam, selalu diperbanyak, dan
bersifat satu arah. Dari definisi McQuail tersebut, komunikator dalam
komunikasi massa adalah lembaga, perkumpulan, atau ikatan. Biasanya lembaga ini
bersifat profit oriented dan bukan merupakan lembaga sukarela. Pesan yang disampaikan
dalam komunikasi massa adalah pesan yang up to date (sehingga selalu
menampilkan sesuatu yang segar dan digali data yang komplit), bervariasi, dan
mencakup khalayak luas sehingga dapat diterima oleh banyak orang.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking