Sondag 27 Oktober 2013

Defenisi komunikasi massa

·         komunikasi massa yaitu sebagai suatu proses yang secara simultan diperuntukkan untuk penduduk yang besar dan dalam skala yang sangat besar melalui media massa.
·         Komunikasi dengan masyarakat secara luas (komunikasi Massa) Pada tingkatan ini kegiatan komunikasi ditujukan kepada masyarakat luas. Bentuk kegiatan komunikasinya dapat dilakukan melalui dua cara :Komunikasi massa Yaitu komunikasi melalui media massa seperti radio, surat kabar, TV, dsbnya.Langsung atau tanpa melalui media massa Misalnya ceramah, atau pidato di lapangan terbuka.
·         Komunikasi massa, yaitu komunikasi dengan sasarannya kelompok orang dalam jumlah yang besar, umumnya tidak dikenal. Komunikasi masa yang baik harus : Pesan disusun dengan jelas, tidak rumit dan tidak bertele-tele Bahasa yang mudah dimengerti/dipahami Bentuk gambar yang baik Membentuk kelompok khusus, misalnya kelompok pendengar (radio)
·         Komunikasi Massa – salah satu jenis komunikasi, selain Komunikasi Intrapersonal, Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Kelompok, dan Komunikasi Organisasi.
·         Komunikasi dapat dipahami sebagai proses penyampaian pesan, ide, atau informasi kepada orang lain dengan menggunaka sarana tertentu guna mempengaruhi atau mengubah perilaku penerima pesan.
·         Komunikasi Massa adalah (ringkasan dari) komunikasi melalui media massa (communicating with media), atau komunikasi kepada banyak orang (massa) dengan menggunakan sarana media. Media massa sendiri ringkasan dari media atau sarana komunikasi massa.
·         Massa sendiri artinya “orang banyak” atau “sekumpulan orang” –kelompok, kerumunan, publik.
·         komunikasi massa lain yaitu dengan adanya unsur keserempakan penerimaan pesan oleh komunikan, pesan dapat mencapai pada saat yang sama kepada semua orang yang mewakili berbagai lapisan  masyarakat. Karena dalam proses komunikasi massa ada sifat keserempakan dalam penerimaan pesan.
·         Komunikasi massa adalah proses dimana organisasi media membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak banyak (publik).
·         Komunikasi Massa adalah (ringkasan dari) komunikasi melalui media massa (communicating with media), atau komunikasi kepada banyak orang (massa) dengan menggunakan sarana media. Media massa sendiri ringkasan dari media atau sarana komunikasi massa.
Komunikasi massa menurut para ahli
Joseph R. Dominick:
Komunikasi massa adalah suatu proses dimana suatu organisasi yang kompleks dengan bantuan satu atau lebih mesin memproduksi dan mengirimkan pesan kepada khalayak yang besar, heterogen, dan tersebar.
Jalaluddin Rakhmat:
Komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen dan anonim melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.
Elizabeth – Noelle Neuman:
yang membedakannya dengan komunikasi interpersonal, yaitu pertama, bersifat tidak langsung, artinya harus melalui media teknis. Kedua, bersifat satu arah (one flow communication), artinya tidak ada interaksi antarpeserta komunikasi. Ketiga, bersifat terbuka, artinya ditujukan kepada publik yang tidak terbatas dan anonim. Keempat, memiliki unsur publik yang secara geografis tersebar (Rakhmat, 1999 : 189).
Georg Gerbner:
Komunikasi massa yaitu sebagai produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang berkelanjutan serta paling luas dipunyai orang dalam masyarakat industri (Rakhmat, 1999 : 188).
Bittner:
Mass communication is messages communicated throught a massa medium to a large number of people.
William R. Rivers dkk:
membedakan antara communication dan communications. Communication adalah proses berkomunikasi. Communications adalah perangkat teknis yang digunakan dalam proses komunikasi, e.g. genderang, asap, butir batu, telegram, telepon, materi cetak, siaran, dan film.
Edward Sapir:
Communication = proses primer, terdiri dari bahasa, gestur/nonverbal, peniruan perilaku, dan pola perilaku sosial. Communications = teknik-teknik sekunder, instrumen dan sistem yang mendukung proses komunikasi, e.g. kode morse, telegram, terompet, kertas, pulpen, alat cetak, film, pemancar siara radio/TV.
Meletzke:
komunikasimassa diartikan sebagai setiap bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui mediapenyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar. Istilah tersebar menunjukkan bahwa komunikan sebagai pihak penerima pesan tidak berada di suatu tempat, tetapi tersebar di berbagai tempat.
Freidson:
Definisi komunikasi massa menurut Freidson dibedakan dari jenis komunikasi lainnya dengan suatu kenyataan bahwa komunikasi massa dialamatkan kepada sejumlah populasi dari berbagai kelompok, dan bukan hanya satu atau beberapa individu atau sebagian khusus populasi. Komunikasi massa juga mempunyai anggapan tersirat akan adanya alat-alat khusus untuk menyampaikan komuniaksi agar komunikasi itu dapat mencapaipada saat yang sama semua orang yang mewakili berbagai lapisanmasyarakat. (Rakhmat seperti yang dikutip dalam Komala, dalamKarlinah. 1999). 

Wright
Wright mengemukakan definisinya sebagai berikut:
“This newform can be distinguished from older types by the following major characteristic: it is directed toward relatively large, heterogeneus, and anonymous audiences; messages aretransmitted publicly,often-times to reach most audience member simultaneously, and are transeint in character; the communicator tends to be, or tooperate whitin, a complex organization thet may involve great expense” 
Menurut Wright, bentuk baru komunikasi dapat dibedakandari corak-corak yang lama karena memiliki karakteristik utamasebagai berikut: diarahkan pada khalayak yang relatif besar,heterogen dan anonim; pesan disampaikan secara terbuka,seringkali dapat mencapai kebanyakan khalayak secara serentak, bersifat sekilas (khusus untuk media elektronik, seperti siaran radiosiaran dan televisi).
Joseph
mass communication is communication addressed to masses, to anextremely large science. This does not mean that the audience includes all people or everyone who reads or everyone who watches television; rather it means an audience that is large and generallyrather poorly defined. Second,mass communication is communation mediated by audio and/or visual transmitter. Mass communication is perhaps most easily and most logically defined by its forms: television, radio, newspaper, magazines, films, books, and tapes.”
Devito, Jay Black dan Frederick C. Whitney
“Mass communication is a process whereby mass produced message are transmitted to large, anonymous, and heterogeneous masses of receivers (Komunikasi massa adalah sebuah proses dimana pesan-pesan yang diproduksi secara massal/tidak sedikit itu disebarkan kepada massa penerima pesan yang luas, anonim, dan heterogen).”
Maksud dari definisi tersebut adalah khalayak penerima pesan bukan hanya
kumpulan orang yang berdekatan secara fisik saja, sedangkan anonim yang dimaksud adalah bahwa penerima pesan cenderung tidak saling mengenal dan saling asing, dan heterogen berarti pesan ditujukan untuk khalayak dari berbagai lapisan masyarakat, tidak homogen.

Nurudin
menyatakan bahwa komunikasi massa adalah studi ilmiah tentang media massa beserta pesan yang dihasilkan, pembaca/pendengar/penonton yang akan coba diraihnya, dan efeknya terhadap mereka. Dari definisi tersebut tampak bahwa kajian komunikasi massa saat ini sudah termasuk dalam disiplin ilmiah. Bahasan komunikasi yang semakin kompleks dan kesadaran akan pentingnya komunikabilitas yang baik dalam kehidupan khususnya media membuat komunikasi massa menjadi penting untuk diproses kajian keilmuannya.

Dennis McQuail
mendefinisikan bahwa komunikasi massa bersumber bukan dari satu orang melainkan suatu organisasi formal dan merupakan komunikator professional. Pesannya tidak unik, beraneka ragam, selalu diperbanyak, dan bersifat satu arah. Dari definisi McQuail tersebut, komunikator dalam komunikasi massa adalah lembaga, perkumpulan, atau ikatan. Biasanya lembaga ini bersifat profit oriented dan bukan merupakan lembaga sukarela. Pesan yang disampaikan dalam komunikasi massa adalah pesan yang up to date (sehingga selalu menampilkan sesuatu yang segar dan digali data yang komplit), bervariasi, dan mencakup khalayak luas sehingga dapat diterima oleh banyak orang.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking